Minggu, 15 Desember 2013

Ten Things That I Love About Malang

1. Cuacanya. Bayangin, pagi-pagi udah cakep bangun jam 7, terus lo menemukan fakta bahwa anginnya sejuuuk banget, langit di luar agak mendung, dan suasanya tenang. Kasih tau gueee, siapa yang gak betah lama-lama di kasur cobaaaa disuguhin momen kaya gitu?

2. Makanan. Banyak banget harta karun yang gue temuin pas di Malang kemarin. Mulai dari burger pinggir jalan yang ternyata kalo mesen harus nunggu tiga jam kemudian (dan tempatnya sepi banget, gak keliatan kalo antriannya banyak) sampai yang klasik model Oen, ada di situ. Ituuuu, enak-enak bangetttt! 


3. Living costnya, terjangkau. Masih ngomongin tentang makanan, kok.... Tapi ini versi harga nganga. Maksudnya, gini. Setelah tunjuk-tunjuk-tunjuk makanan yang dipingin dan siap untuk ngebayar, lo akan terpukau dengan keajaiban harga murah yang ada di sana. Kaya... Di Ronde Titoni. Angsle terenak yang pernah gue makan itu, bareng Ronde, sama bubur apaaa gitu, sama jajanan dua roti itu, cuma 27ribu. Masalahnya porsinya gedee, itu puas banget makannya. Kecuali kalo doyan ya. Nambah mah tanggung sendiri. 


Terus ada lagi Tahu Campur Cak Uri Kumis. Ituuuu enaaaaak bangettttt, harganya sepuluh ribu. Harganya standar sih ya sebenernya, tapi enaaaak bangettt. Jadi sebenernya lagi ngomongin makanannya atau harganya ya...


4. Bangunannya. Jalan-jalan lah ke pusat kotanya, mulai dari pasar sampai pelayanan umum, masih banyaaak banget gedung kuno yang awet sampai sekarang. Cat bangunannya ada yang udah diperbarui jadi lebih rapi, sementara ada juga yang ngebiarin lusuh, jadi kesannya jadi kuno dan antik. 

5. Penduduknya. Tinggal di Malang itu kaya lagi hidup dalam satu keluarga. Masing-masing tempat ngegambarin satu ruangan dalam rumah, tapi punya benang merah yang sama: kekeluargaan. Sesepuhnya ramaaah banget dan suka cerita-cerita dengan mudahnya. Mereka juga kaya GPS canggih. Sebut aja nama jalan yang di tinggalin, mereka bakalan ngerti dan ngasih tau highlight dari daerah itu. Nama jalan loh, nama jalan. Bukan nama daerah. Kaya... "Saya tinggal di Jl. Mawar mas..." Lalu dia akan menjawab, "Oh, tau! Yang ada lapangan besar, terus di sebelah selatannya ada rujak enak itu, sama rawon terkenal di sebelah barat apa apa apa." Gitu deh pokoknya. Seru ya.

6. Jatim Park 2. Awalnya gue penasaran, karena setiap orang yang ke sini pasti bilang tempat ini keren. Ternyata pas ke sini..... MEREKA MEMANG KEREEEEN! Jatim Park 2 ini tempatnya bersiiih banget, apik. Binatangnya juga pas gue liat pada sehat-sehat dan terawat. Walaupun sebenernya mereka lebih baik di alam bebas sana ya : ) papan informasi dan staff di sekitarnya ngebantu banget. Terus jarak antara hewan dan pengunjung juga relatif aman, gak terlalu jauh dan cukup. Semoga mereka ngerawat semua binatangnya dengan baik yaa




7. Wisata alam. Kemarin sempet ke Air Terjun Coban Rondo pas siang-siang. Dia cantiiiiiikkk banget! Ke sananya memang lagi gerimis-hujan gitu. Pas nyampe persis di depan air terjunnya, itu indah banget! Anginnya, rintik airnya, daunnya yang gerak karena imbas air terjun. Sempurna : ) 



8. Pantai Goa Cina. Letaknya ada di bawaaaaaah banget Malang. Perjalananannya sekitar 2-3 jam lah ke sini pake mobil. Buat masuk ke dalemnya, kemarin kita harus pake ojek dulu soalnya lagi di cor jalanannya. Jadi ajlug-ajlugan deh... Begitu nyampe, ombaknya langsung keliatan! Banyak karang di pesisir pantainya, jadi lari cantiknya harus penuh pengorbanan dulu. Airnya beniing, pasirnya juga putih. Tapi sayang, ada sampah bertebaran bekas makan pop mie gitu : ( semoga pas jalanannya udah bener, wisatawannya bertanggung jawab sama sampah masing-masing ya...



9. Daerah Batu. Tempat ini kayak Puncak Pas nya Jawa Barat. Dingiiiiiinnnn banget di sini, tapi enak! Seneng buka kaca mobil, soalnya udaranya seger banget dan sejuk. Sebenernya Jarim Park lokasinya juga udah di Batu sih, tapi yang gue omongin di sini adalah kotanya. Begitu masuk Alun-alun, cobain susu deket situ deh. Itu enaaak bangeeet, beda sama susu sapi nasional. Terus kalo maleman dikit, coba ke toko ketan yang ada di sebrang toko susu tadi. Endang~ terus kalo udah selesai, melipirlah ke Alun-alunnya. Rasain jadi warga lokal di situ. Ada lampion cantik, tempatnya juga lumayan bersih, dan kamar mandinya juga lumayan. Pas duduk, ada pengumuman yang ngebacain peraturan dan apa aja yang warga bisa nikmatin di kawasan ini. Semacam kewajiban dan hak yang diterima untuk ngejaga kawasan ini biar sama-sama terawat. Mungkin bisa dijadiin ide buat taman gue nanti : )

10. Slowing down. Beberapa hari di situ jadi belajar buat lebih nikmatin momen dan lebih perlahan untuk ngambil keputusan. Di Jakarta kita diajarkan untuk berpacu sama waktu, ikuti langkah, dan bertindak cepat. Di sini justru sebaliknya... Jadi lebih sering untuk mendengarkan, melihat, merasakan, jadi setiap momennya ada di situ. Seneng deh :D Sama... Satu lagi. Di sini secara perlahan gue mulai dikenalin lagi sama sifat almarhum yang belum gue tau. Mulai dari yusurin tiap ruangan yang ada di  dalam rumah tempat dia tinggalin sedari kecil, ngebayangin apa aja yang dia lakuin di kota ini, sampai informasi kecil dari saudara tentang mama. 

Menjadi pramugari, ada di rumah yang sama tempat mama tumbuh, senyum yang banyak orang bilang ngingetin mereka dengan beliau, banyak orang yang ngira gue sengaja untuk ngulang kehidupan mama. Jalurnya sih lebih tepatnya. Well, gue sendiri juga gak tau. Anak terinspirasi dari orang tua itu hal yang wajar banget. Yang gue tau, semua keputusan yang dilakuin itu berdasarkan apa yang gue liat dari sekitar, dicerna sama apa yang dipinginin, dan apa yang dibutuhkan untuk masa depan. Kalo pun ada kesalahan yang dibuat untuk nentuin goal ke depan, then let it be : ) Biarkan saya belajar dari kesalahan itu dan mulai berdiri lalu berjalan lagi untuk berikutnya. Setiap mau ngelakuin sesuatu yang jalannya rada mirip sama mama, ada salah satu percakapan antara kami yang selaluuu gue pegang. Saat itu lagi pulang sekolah, lagi manja-manjaan sama mama, terus bilang:

B: Ma, kalo udah gede nanti, aku pingin kaya mama! 
M: Loh, jangan dong dek...
B: Yah... Kenapa?
M: Adek pokoknya harus lebih lebih baik lagi dari mama. Ya? 

Kira-kira, gitu yang diomongin : )

Adios! 

Ps: Kesuksesamnya jalan-jalan ke Malang kali ini melibatkan banyak pihak. Pertama, Yuzi. Sodara kembar satu ini rela banget dimintain jemput pas di bandara, ngasih masukan ke mana aja, ngasih makan, ngasih kasur, lawakan, sampe ngenalin peliharan ayam barunya ke gue. Si Dada dan Paha. Kedua, Bedus. Alam berkonspirasi supaya kita bertemu dan menjadikannya driver selama perjalanan. Awalnya sih curhat sama Yuzi aja, tapi yaaa gimana yaaa ceritanya dalem mobil kan jadinya gatel ngedengerin. Skill nyetirnya bisa diadu sama truk antar kota antar provinsi. Serius. Ketiga, Vania. Tetangga selama si Malang ini selain cantik banget, juga konyol barengan adeknya. Artis berjalan sama tau tempat hits di Malang. Apa jadinya liburan ke Malang tanpa kalian bertiga? Hampa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar