Selasa, 03 Desember 2013

Great Times... : )


Udah lama banget yaa nggak nulis-nulis, kangen deh. Jadi alesan kenapa selama seminggu ini absen adalah, karena sibuk ngurusin ini-itu yang harus dituntasin akhir bulan kemarin. Oke, everybody does. Cuma... apa ya, belom... sempet aja? I kno I kno, basi. Maaf ya, kamu terlupakan... *elap layar laptop pake kanebo* *peres*

Jaaaadi! Akhir bulan Oktober lalu alhamdulillah dapet kabar yang menyenangkaaaan banget! Ya, Bani keterima jadi pramugari di salah satu maskapai negri di Indonesia. Alhamdulillah... Prosedur berikutnya adalah untuk buat surat resign dan diserahin ke perusahaan, untuk proses pendidikan selama 3 bulan nanti. Karena perusahaan di tempat gue kerja sekarang ada peraturan one month notice (karyawan diberi waktu selama satu bulan untuk nyelesaiin dulu tugas/pekerjaan yang ada, sambil bagian HRD nyari pengganti unutk karyawan tsb), dikebutlah itu semua tulisan, pemotretan, foto-foto untuk keperluan artistik. 

Tadinya ya, buat minta izin ke bos mau pake cara diem-diem pas kantor lagi sepi aja, biar gak banyak yang tau. Ya abisan piyeee, masa gembar-gembor bikin pengumuman tukang kepang Cosmo mau alih profesi ngadu nasib jadi pramugari kenceng-kenceng. Udah bikin skenario segala tuh: jam segini kantor lagi sepi, si bos udah dateng, ketok pintu, tutup pintu, ngomong, hidup tenang. Ternyata rencana gagal, kapten. Bos sibuk seharian, kantor rame, dan pas ngincer jam sore taunya udah pulang duluan gara-gara asisten rumah tangganya pulang kampung mau kawin. Ngeliat toleransi waktu buat surat resign dari maskapai terbatas, yaudah besokannya langsung bikin serangan baru. Kondisinya? Masih pagi, kantor udah rame, terus suara pintu ditutupnya juga lumayan narik perhatian. Yaudah, selese. Begitu keluar ruangan, langsung ditanyain sama anak-anak. Tapi alhamdulillaaah banget, respon mereka justru ngesupport (pake diceples dulu sih awalnya) dan ikutan seneeeng. Karena mereka tauu banget, this is something that I want the most : )

Jadilah, selama sebulan itu gue gila-gilaan ngejar tulisan. Kebetulaaaan, kebetulan ajaaa ini lagi megang tiga majalah dengan segmen yang beda, satu majalah minimal ada dua tulisan, pemotretan di halaman spesial, dan masih ada sisa-sisaan tulisan yang dari bulan lalu. Tiap bangun pagi yang ada di otak cuman ada satu: Kok ini kaga kelar-kelar...................... . Atau semacam itulah. Tapi di minggu terakhir, semua prosesnya udah mulai nyampe ke garis finish kok. Bahkan ada salah satu senior editor yang sukaa banget sama artikel yang gue bikin. Alhamdulillah...

Pujian yang dia kasih mungkin sesimpel tulisannya yang dikirim dari email buat gue pagi itu. Tapi tiap kali ngebacanya, bikin senyum terus. It made my day! Dibilang norak pun, I don't mind. Karena mungkin yang senior itu belum tau, this is really something for me. 

1 Maret 2013, gue tes di perusahaan ini, bertepatan sama tujuh taun meninggalnya mama. Begitu masuk kantor tanggal 3 Maret, gue megang beliefs bahwa... gue nggak bisa nulis. Okay, punya blog. Tapi ya bahasanya juga masih acak-acakan, lebih karena nulis blog ya buat diri sendiri. Tujuannya untuk bercerita. Untuk nyimpen momen yang memorable, jadi bakalan terus kesimpen rapih di sini, dan one day ngerasa sedih atau apa, gue tinggal liat cerita ini lagi dan inget ada banyaaak orang yang udah gue temuin dan ambil pelajaran dari mereka. Kuliah di Broadcasting pun, penulisannya berupa naskah radio, atau nggak film pendek. Dan gue masuk majalah yang well known ini bener-bener belajar dari enol, dari tiarap banget. Revisi? Gausah syedih. Itu tulisan stabilo udah kaya mewarnai. But I do learn from my mistakes, ngebandingin tulisan yang sebelum dan sesudah. Liat lagi penulisan yang dipingin seperti apa, gayanya kaya gimana. Sampe akhirnya gue nemu cara untuk masukin apa info yang mau dikasih, digabung sama cara diri sendiri bercerita sama temen. 

Percayalah, gue awalnya bahkan gak tau pekerjaan kaya gini beneran ada. Kita mungkin tau pekerjaan reporter pada umumnya, cari berita ke sana-sini, ambil gambar, cari angle yang pas setiap ada penulisan, kirim ke editor, revisi, dsb. Tapi untuk reporter majalah lifestlye? Dari topik yang dipilih aja beda: isu sekitar yang ringan tapi penting, terus dibungkus sama penulisan yang bercerita. Terus ada juga photo shoot: ngatur waktu tokoh, make up artis, lokasi, fotografer, wardrobe, dalam satu waktu sekaligus. Sendirian. Untuk tokoh, kalau hoki, bahkan bisa ngomong (dan ketemu) langsung sama artis yang disuka! Lokasi? Well, gue jadi tau ada banyaaak banget tempat restaurant yang dari bagus, fancy, homey, sampe yang lucu, di Jakarta. Wardobe? Mulai dari toko yang biasa ditemuin di mall sampe desainer ternama, hasil karyanya bisa dipinjem (ada mekanisme, khusus keperluan pemotretan pastinya)  yang ngebuat gue jadi nambah pengetahuan dan tau kenapa kualitas bagus ditunjang dengan harga yang tinggi juga. Selain itu, masih banyaaaak banget pembelajaran yang terus ada di setiap harinya. 

Ada gak enaknya? Ada. Tapi lebih enak nyebutnya usaha yang harus dilakuin buat ngedapet itu semua.  Pertama, once you you're there, you have to give your best. Mereka punya standar dan pakem-pakem yang udah jadi trademark. Mulai dari tulisan, liputan, sampai ketemu make up artist di tempat lokasi, jadilah gambaran dari wanita Cosmo. Young, fun, smart, dan fearless pastinya. Kedua, terbiasalah dengan drama. Satu tambah satu, hari ini dua. Besok? Bisa lima... Tujuh... Seratus?? Bisaaaaa. Selamat datang di dunia mediaaaa! Gue belajar tentang menghadapi dan menikmati ketidakpastian sih di sini. Belajar untuk optimis dan gigih, sekaligus pasrah dalam satu waktu yang bersamaan. Bisa nih satu pemotretan semuanya fix, tau-tau H-1 artisnya ngebatalin padahal semua persiapan udah dilakuin. Bisaaaa. Atau wardrobe yang dipinjem ada luka sedikiiiiiit banget, yang nggak tau asalnya dari mana, dan harus dipertanggung jawabin? Bisaaaa. But overall, it was fun. Really! 

Banyaaak banget pembelajaran sama pengalaman yang didapet dari sini. Mungkin ini alesan Allah gak ngasih jawaban "Iya," pas bulan Oktober kemaren. Ada fase yang harus dijalanin dulu, dan indahnya bukan main! Ada yang pernah mempertanyakan cita-cita dan goal gue sebelumnya, pekerjaan apa yang sebenernya dipinginin. Karena masih terlihat abu-abu dan belum jelas mau ke arah mana. Simpel kok, karena memang pinginnya punya pekerjaan yang bisa ketemu banyak orang, belajar di setiap harinya, dan bisa travelling! Dan setelah gue jabarin lagi pekerjaan yang dipunya saat itu... Gue bisa ngasih ceklis ketiga kriteria yang gue pingin dalam pekerjaan. 

Allah knows the best. Dia akan ngasih se-mu-a yang terbaik, di saat yang paliiing tepat, dan paling indah. Dan kita yang saat itu masih belum bisa ngeliat secara keseluruh, bertindak seperti manusia biasa. Marah, kesel, kecewa, bahkan mempertanyakan keadilan sama semua ini. And it's normal. And Allah still love you somehow. Stick with Allah, fear nothing. 

Good night!

Rienjani Nur Bani Putri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar