Selasa, 08 Oktober 2013

People's Roundabout


Bener yaa, selalu ada kejutan setiap bisa deket dan denger cerita perjalanan seseorang. Buat tau apa yang mereka pernah alamin, apa yang mereka lakuin, dan apa dampaknya buat mereka. Terus bisa dapet bonus tambahannya lagi! Tau ending (seenggaknya untuk saat ini) yang mereka putusin untuk diri sendiri. 

Untuk sekedar tau tentang pria ini sebenernya udah lama, tapi buat bisa liat orangnya secara langsung juga baru-baru ini. Pertama kali denger namanya, pas itu lagi nemenin papa buat urut. Ayahnya dengan penuh bangga dan berapi-api, nyeritain tentang anak cowoknya yang lagi kuliah di salah satu institut seni di Indonesia untuk ngedalemin musik biola. Konser, jam terbang yang tinggi, sama piagam yang bertebaran di mana-mana, jadi saksi dari apa yang udah dia lakuin selama ini. Setiap ketemu pun juga beritanya tentang dia konser di sini, dia pertunjukkan sama siapa, prestasi yang udah di capai dalam usianya yang masih mudaaa banget. Young and talented. Gue pun juga penasaran, gimana bisa ada orang sekeren itu. Tapi sampai saat itu juga gue belum ada kesempatan buat bisa ketemu sama dia.

Sampai suatu saat, another nganter papa ke tempat urut, gue dapet cerita dari yang mijetin papa kalo pria yang diceritain tadi lagi dalam kondisi down. Di salah satu konsernya, pas lagi masuk ke suasana klimaks, senarnya putus, dan moodnya pun ancur berantakan. Bukan ke bete atau sebel aja gara-gara itu, tapi lebih ke arah marah dan kecewa karena dia udah percaya banget sama biola yang dimainin, terus putus aja gitu di tengah penampilan.

Terdengar simpel. But somehow, kalo lo lagi ngelakuin sesuatu yang disukain, dan itu rutin, dan itu sering, lo akan punya semacam ikatan yang bikin antara kamu dan kegiatan itu adalah satu. Gue ambil menari sih dalam menempatkan posisi dia. Menemukan, tumbuh bersama, dan mengasahnya secara bertahap. Jadi kalau ada sesuatu yang nggak enak atau nggak sreg, nggak ada masalah untuk latihan berkali-kali sampai jiwanya merasa puas dengan apa yang dilakuin. But still, shit happens in life. Kalo hal itu terjadi, ya sebagai manusia biasa wajar banget ngerasa kesel apalagi marah. Emang sih, pelampiasannya pasti ke mekanisme. Tapi dalem hati juga ngerti, kalo kita sebenernya marah sama diri sendiri.

Pria ini akhirnya memilih untuk berhenti dari dunia musik biola. Trauma yang besaar banget, kecewa, sama sedih mungkin bisa gue rasain dari cerita yang didenger. Waktu untuk bernapas dari aktivitas yang selama ini dilakuin, bisa jadi salah satu jawaban yang dia butuhin. Berapa lamanya, nggak ada satu orang yang tau sekali pun pria ini. Kondisi ini ngebuat ayahnya ngelekuin sesuatu, yang mungkin suatu bentuk dukungan dia untuk bisa balik lagi ke hal yang dia suka: yaitu dengan memaksa pria ini untuk kembali bermain biola. Alih-alih seneng, justru dia semakin trauma dan milih untuk tinggal bareng bapak-bapak yang mijet papa.

Di satu kondisi yang lagi lempeng-lempengnya, mungkin kita memang punya situasi untuk membandingkan antara sebelum dan sesudah kejadian yang dialamin. Jangankan ekspektasi, berharap aja kadang suka jadinya gloomy sendiri. Kebas. Jadi apa pun yang dilakuin orang ke diri kita dalam kondisi itu, cuma bisa ngandelin insting sama kata hati. Kalau apa yang didenger itu sebenernya solusi, kadang kalau kejadiannya masih anget-angetnya, respon yang ada mungkin kaya: "Okay. Tapi jangan sekarang dulu ya, please." dan kalo udah siap pun reaksi kita akan mencerna dan mulai bangkit kembali. Tapi kalau apa yang didenger justru... berbeda, kita cuma bisa ngerasain, dan tau kalo... it doesn't feel right, lalu bertindak. Dan pria ini pun memilih seperti itu.

Dia keluar dari dunianya dan mulai nyari suatu yang baru. Gue pun bisa ketemu sama pria ini karena dia nekunin dunia barunya, yang bisa dibilang jauuuuh banget, nggak kepikiran, nggak ada nyambung-nyambungnya sama sekali sama dunia dia sebelumnya. Pas ketemu langsung pun, pembawaannya tenang, sama aja kaya pria kaya pria seumuran dia lainnya, and he's doing extremely fine. Ada kali ya sembilan bulan lebih dia asik sama yang dilakuin sekarang.

Sampai kemarin, dia dateng ke rumah sama bapak yang mijetin papa, sambil bawa biolanya. Ternyata pria ini baru aja selesai tampil di salah satu kota. Terus gue kaget. Kaget dalam artian... waaaaah, it's good. But, is he okay? Setelah ngobrol-ngobrol sebentar, ibu minta dia buat main lagunya Bond ya. Terus daripada tanggung, gue sekalian aja minta mainin lagu Toss The Feathers-nya The Corrs. Agak kurang ajar sih, awalnya kuatir, tapi malah minta mainin. Terus pas dia udah main lagunya............ HE ROCKS!!! : D
Keren bangettttt! Nggaaaaak berenti merhatiin dia ngeraba nada lagunya, latihan, sampe liat jarinya pas mainin biola. Keren ya bisa cepet gitu pindah-pindahnya.

Ending untuk saat ini, mungkin bagian bonus. Bonus karena gue bisa tau dan nyaksiin gimana dia ngelakuinnya. Untuk pilihan yang dia ambil sendiri, gue sama sekali gak berharap, berekspektasi, atau mencoba buat ngebaca apa yang dilakuin. Cuma tau, dia baik-baik aja, dia nerima, dan dia terlihat senang. Bikin nyadar sesuatu, mungkin semua orang juga punya momen di mana kita mulai jenuh bahkan berhenti untuk ngelakuin rutinitas. Apa itu karena ada kejadian atau memang lagi sumpek-sumpeknya aja. Dan di saat itu juga, selalu ada orang yang either ngedukung untuk berenti dulu, atau ngedukung untuk bangkit secepatnya. Keputusan yang diambil dari kejadian itu pun juga bisa macem-macem. Bisa jadi kita berenti ngelakuinnya sama sekali dan mulai lakuin hal baru yang mungkin turning point kita. Bisa jadi balik ke hal itu dan semakin jatuh cinta. Atau justru nemuin kolaborasi antara dua hal yang ditemuin dan ngehasilin sesuatu yang baru. Atau, ada kemungkinan-kemungkinan lain yang ngebuat kita nemuin happiness masing-masing? Who knows.

Pagi ini gue sarapan sambil ngegoogling pria ini. Hasil karyanya.... Duh, seriusan. Suka banget! Terus sambil didengerin, gue sambil menikmati hal lain. Di dalem video ini, gue ngeliat satu orang pria yang in lust sama biola yang dipegang. Begitu menghayati dan kebawa sama mainannya sendiri. Di sisi lain, gue juga ngeliat pria ini dalam aktivitasnya yang sekarang. Begitu manusiawi. Entah siapa dan kenapa antara dia dan biola jadi sebegitu menyatunya. Tapi biola itu juga yang ngebuat pria ini bisa gue liat langsung bentukannya dan liat sendiri perjalanannya.

Satu perjalanan baru lagi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar