Senin, 14 Oktober 2013

Expression of Affection

Orang bahagia itu susaaah banget buat nggak ngebagiin rasa bahagianya ke orang sekitar. Punya kekuatan untuk terus bikin orang lain bisa ngerasain apa yang dirasain. Bentuknya pun gak melulu sama, variasi, asalkan pesannya sama: lo bisa ngerasain gimana yang gue rasain sekarang. Senang! Kebahagiaan itu menular? Absolutely yes! Contohnya, baru dapet kabar temen deket akhirnya jadian sama incerannya berapa tahun lalu. Atau gebetan ternyata suka balik sama lo. Ya itu mah udah pasti ya senengnya. Kalo bisa mah seneng-senengnya sampe ngeberangkatin europe trip anak sekantor. 

Anyway, kalo bahagia bisa ditunjukkin buat orang lain, begitu juga dengan kasih sayang. Affection. Kalo udah sayang sama seseorang atau sesuatu, you just find a way to show them how much you love them. Nggak bisa ditutupin. Entah itu body language, chemistry dari diri sendiri, atau emang udah pasrah aja sama dua hal, dan jalanin intuisi untuk ngasih tau orang itu kalo lo sayang sama dia. Well, mungkin di buku Raditya Dika yang di Marmut Merah Jambu di cerita paling pertamanya ada yang memilih untuk diam-diam saat jatuh cinta. Dan berakhir, jatuh cinta sendirian. Tapi yang lagi gue ceritain ini justru berbeda. Dia yang dengan beraninya nerima perasaan yang ada, dan nunjukkin orang itu kalo dia... Sayang! 

Jadi ini berawal dari nonton serial Raising hope. Filmnya komedi, trus kalo bercanda gak nanggung-nanggung. Coba sekali-kali nonton deh, seru! Jadi pemeran cowok ini ketakutan kalo lagi halloween, karena ada "monster" yang ngikutin dia dan bikin dia takut buat keluar rumah. Sampe akhirnya dia gede, orang tuanya kesel, si ayah pun akhirnya ngaku. Kalo selama ini, sebenernya dia yang jadi "monster" tadi. Dia bikin segala skenario, supaya cowok ini bisa langsung balik ke rumah dan meluk ayahnya. "i just wanna a hug, you know?". Si cowok kesel dan gak ngebolehin ayahnya nyentuh anak ceweknya. Ngambek siih lebih tepatnya. Sama malu juga deh kayanya. 

Suatu saat dia harus pergi dan nitip anak perempuannya ke sahabatnya dia. Pas balik, anaknya tiba-tiba udah nggak ada dong dan dititipin ke pemadam kebakaran (kan dibilang, bercandanya nggak setengah-setengah) yang bakalan tutup lima menit setelah dia baca surat itu. Panik, ayahnya dari belakang dateng dan si cowok langsung minta tolong. Tau sama-sama lagi mabok dan nggak boleh nyetir, mereka akhirnya subuh-subuh ke tempat pemadam kebakaran pake.......... Sepeda. Udah gitu sepeda si cowok gembes juga. Ayahnya langsung ngibrit dan balik dengan kereta dorong anak perempuan si cowok. Klimaksnya, si cowok seneng banget ngeliat anak perempuannya, terus meluk si ayah, dan mereka sama-sama seneng.

Udah sampe situ aja? Nggak dong. Taunya si cowok nemuin suatu hal yang aneh dan nanya langsung ke ayahnya. Ternyata, lagi-lagi dia bikin skenario dramanya, pake ala-ala gembosin sepeda, sampe bikin panik anaknya, cuma pingin supaya anaknya nganggep ayahnya adalah hero dan dapet pelukan dari anaknya. Si cowok bete. Sesampenya di rumah dan nenangin anak perempuannya yang kebangun gara-gara petir, si anaknya meluk eraat banget si cowok ini. Disitu si cowok pun ngerti, kenapa pelukan dari dia selalu ditunggu sama ayahnya. "i'm addicted to hugs" katanya sambil meluk anak perempuannya. Sweet yaa.

Affection need an expression. Entah itu omongan, sentuhan fisik, atau berupa perlakuan. Bukan suatu kewajiban yang kudu mesti banget atau syarat wajib dalam hubungan. Tapi ketika lo nerasain perasaan sayang, you just can't help to show it. Buat berbagi dan ngasih tau orang yang disayang kalau mereka penting buat lo. Dan kalo udah ngelakuin, respon mereka jadi punya porsi lebih kecil dari yang dibayangin sebelumnya. Karena fokus actionnya adalah dari lo ke dia. Pernah sih, beberapa kali meluk anak-anak kantor. Mulai dari Manda, Cabe, Keken, sama Kanta. Reaksimya ada yang manis kayak Manda sama Cabe, ada yang dibales "Ini anak kenapa sih?" Sama kanta, bahkan di tolak mentah-mentah pake tatapan laser sama Keken. Kalo udah begini mah..... Ulangi lagi sekali lagi keesokan harinya. 

Jadi, selamat Idul Adha buat yang merayakannya! Semoga mbeknya besok bisa bermanfaat buat orang banyak ya. Terus, dia bisa ketemu mbek-mbek yang lain di "sana"! (Mbek: kambing)

Ps: seneeeng banget sama malem ini. Film seriesnya sweet semua, bunyi kembang api, bunyi takbir buat nemenin sampe besok pagi. Yang terakhir, mulai terdengar seperti anak mushalla. Beklaaah.

Have a great Idul Adha!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar