Rabu, 25 September 2013

Cutting The Rope

Yaa namanya juga manusia. Wajar kan ya kalo ngerasa kesel atau sebel sama orang lain. Konflik sendiri kan di tiap hubungan memang harus ada buat proses solving problem masing-masing orang sama ngehadepin partner saat itu. Permasalahannya pun bisa dari macem-macem. Mulai dari asumsi sendiri, human eror, situasi lain, atau memang kombinasi mereka. Ada momen di mana ego masing-masing timbul untuk nuntut yang dipinginin tercapai. Mulai dari siapa salah siapa, urusan minta maaf, sampai bawa-bawa kartu as yang udah nggak bisa diganggu gugat lagi keberadaannya: harga diri. Sebenernya sama sekali nggak masalah sih untuk urutin permasalahan dari awal sampe akhir, asal tujuannya sama, yaitu buat nyari solusi. Beda lagi ceritanya kalo ujung-ujungnya buat ngasih tau siapa yang bener siapa yang salah. Sampe ganti presiden tujuh belas kali juga belum tentu selesai kan, sis :l

So we know about finding solution, negotiation, and deal with it. Terus untuk langkah selanjutnya... yang kadang bikin kejebak sendiri. Tahap di mana pas kita lagi sendiri dan semuanya udah oke banget, terus ada satu kondisi ketika kamu diharuskan untuk bertemu lagi dengan orang itu. Saya sih nyebutnya, tahap membuktikan. Pas ketemu sama orang bersangkutan itu, secara otomatis pikiran kita nyuruh untuk ngebuktiin kalo kita baik-baik aja, kalo kita udah maafin dan ngelupain semua masalahnya, kalo kita udah punya kehidupan yang lebih baik. Poinnya sih bukan pura-pura baiknya atau udah maafin atau belum, karena pasti udah ngelakuin itu. Tapi lebih spesifik di bagian membuktikannya. Di mana kita berusaha untuk menunjukkan kondisi itu, untuk ngasih tau kalo I am okay. Padahal ya kalo udah maafin dan let it go, orang itu ada di depan kita saat ini juga, perasaan yang ada justru sama seperti sebelum masalah itu ada kan.

Tahap itu bikin pingin nanyain ulang, apa bener udah selesai masalahnya? Udah selesai keselnya? Kok malah gini? dan semua pertanyaan-pertanyaan itu ditujuin buat diri sendiri lebih tepatnya. Soalnya kalo masih ada rasa untuk ngebuktiin, itu berarti masih ada perasaan buat ngasih tau siapa yang menang di sini. Padahal, bukannya inti dari maafin itu kita mau untuk ngelepas perasaan kesel dan mulai jalanin yang baru? Dan jalan yang kita ambil itu, bukannya memang untuk diri kita sendiri, instead of ngebuktiin orang lain bahwa kita benar?




Kejadian kaya gini sebenernya hal kecil atau cenderung kita nggak sadar. Momennya udah lewat terus tiba-tiba kita udah cerita sama orang lain dan kejebak sama suasana kemenangan itu. Sebenernya kalo milih seperti itu pun, it's okay. Karena ya memang tahapannya masih di situ. Tapi kalo yang udah let it go, udah nerima, dan mau bikin hubungan lebih baik lagi, you'd better watch out : ) Karena triggernya bisa bikin keingetan lagi.

Bahwa sesungguhnya, terjebak dengan proses terus membukikan sana-sini itu, sangat melelahkan. Dan ujung-ujungnya pun orang yang dibuktiin juga belom tentu nyadar... apalagi peduli. Kan sayang, masih ada banyak hal lagi yang bisa dilakuin buat diri sendiri yang menyenangkan!

Nggak perlu teriak kenceng untuk bisa di dengerin. Well, they may hear you, but not listening to you. Mantepin niat sama tujuannya, berbicara tapi juga ingat untuk mendengarkan. Kalo kata Arkarna, seems a whispers sometimes louder than a scream. 

Have a good day!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar