Minggu, 11 November 2012

wanting.


pernah nggak sih pas masih kecil ngebayangin ntar kalo udah gede kaya gimana. apa aja yang berubah... keadaan dirumah gimana? driver yang setia nganterin dari SD sampe ntar kuliah nanti gimana? binatang peliaraan gue udah punya berapa anak? hal-hal kaya gitu deh, pernah nggak? apa pikiran gue pas masih kecil kelewat jauh ya. terus kalo udah dibayangin, tiba-tiba sedih terus nangis sendiri. dasar, tua sebelum umurnya. apa dari kecil gue udah punya pola pikir penuh sama rasa khawatir lagi jangan-jangan? DASAR. *tempeleng*

yaaa begitulah Bani dimasa kecil dulu, lagi anteng aja nih di dalem mobil dijalan pulang, terus kepikiran pak Parno (driver) yang setia banget nganter jemput pulang sekolah, les, jalan sama temen, beliau selalu ada. bahkan tagline dia adalah, "ade tingal telepon saya aja! mau subuh sekalian kek, saya anter kemanapun ade mau pergi!" terus kalo ditanyain apa kabar tiap pagi jawabnya pasti begini, "alhamdulillah dek masih bisa nginjek kopling sama gas.". oke banget lah pak Parno ini itinya. usianya sekarang udah masuk 70an taun dan masih mahir ngebut-ngebutan. sama nyalip juga. sama ngegas juga. hm, bahan bakar gue.............................

masih inget banget, dulu pas mas Bala berangkat buat sekolah pilot, abis nganterin ke bandara kan langsung cabut ke kampus ya. diperjalanan nangis bombay luar biasa.... bokap sampe beliin sogokan biar nangisnya redaan. see? dasar kolokan. udah gitu nyampe kampus masih dilanjutin lagi nangisnya sama temen-temen. luar biasa emang :) tapi emang sebegitunya ya ternyata gue takut sama keadaan yang berubah. padahal pas dijalanin, setelah gue lulus kuliah dan bisanya nyetir sendiri, pak Parno setiap dateng masih nyuci mobil... masih banyak gerak. setelah mas Bala udah terbang, keadaan juga gak banyak berubah. boong, sepian ding. sama kalo mau gangguin mas Bala harus inget waktu, biar dia gak capek. tapi ya.... itu gak nakutin kaya apa yang dipikirin. karena ngelewatin prosesnya kali ya? jadi penyesuaiannya dateng dengan sendirinya. oh dia begini, harus begini. oh udah begini berarti harus begini. kalo dipikirinnya langsung jeder! kejadian! ya pasti bakal syok lah.

terus... akhir-akhir ini lagi dikasih pembelajaran baru sama sekitar. pernah denger kan kalo lagi ada masalah atau kejadian aneh lah, terus ada yang bilang, "Tuhan lagi ngasih ujian sama lo tuh. banyak-banyak berdoa sama tawakal ya.." if you passed the test, then you'll enter the new level of your life. menurut gue, saat itu dimana kita struggle lagi sama diri sendiri, kenal lagi sama sifat lain yang ternyata kita punya, dan endingnya dibalikin lagi semuanya sama Tuhan. dan banyak juga kejadiannya ujian ini  sebagai sesuatu yang bikin kita ada dibawah. kehilangan, gagal, jatuh, dsb. tapi pernah kepikiran nggak sih, ternyata bahagia dan ngedapetin apa yang dimau ternyata juga ujian?

ada satu-dua contoh yang gue dapet harrri itttu jugaa. jadi ada satu kakek-kakek, usianya lebih tua dari kemerdekaan Indonesia lah. dia punya penyakit pinggang yang ngebuat dia sulit untuk ngejalanin aktifitasnya. sampe dia ketemu sama satu ahli pijat syaraf dan bilang dia pingin sembuh supaya dia bisa solat dengan keadaan nyaman (karena selama ini beliau solat dengan posisi duduk). jadi, tujuan dia sembuh adalah supaya dia bisa solat dengan nyaman. tiga bulan kemudian, dia sembuh total dan bisa ngejalanin tujuan awalnya. cerita yang kedua, ada satu cewek yang perekonomian keluarganya kurang, dan punya satu tujuan untuk jadi sukses supaya bisa punya kehidupan yang layak. dia usaha kesana kemari, smp beberapa tahun kemudian, dia akhirnya menikah, dan punya kehidupan yang lebih dari cukup.

terus ujiannya dimana?

setelah kakek itu ngedapetin apa yang dia mau, ternyata beliau nikah lagi sama wanita yang jauh lebih muda dari dia. istrinya yang ngerawat kakek dari dia sakit, marah-marah lah kenapa si kakek jadi begitu. dan cewek yang punya kehidupan lebih dari cukup, ternyata jadi dikenal orang-orang sbg orang yang mudah tersinggung dan galak. mungkin nggak sih itu bagian dari rasa insecure dia sama kehidupan sekarang?

jadi pertanyaannya kaya... siap nggak nih buat dikasih sama hal yang dipinginin banget. atau... semacam itu. hmm, gimana ban? siap buat dikasih apa yang lo pingin banget?



pingin banget atau pingin aja....................... *lempar sepatu*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar