Minggu, 04 November 2012

Concrete wall

setiap hari Sabtu di akhir bulan gue selalu ikut acara Ngopi Yuk yang diadain sama lembaga Positive Movement yang dibangun sama mbak Nay dan mas Seno. Ngopi Yuk ini kepanjangan dari NGObrol PIntar, YUK! cyin~ (yang terakhir tambahan gue sendiri). jadi akan ada pembicara, terus topiknya pun ngikutin tema hari itu. acaranya dari setiap bulan makin kocak, sebelumnya kita pernah ketemu sama bang Rene Suhardono (penulis buku "your job is not your career") dan dia orangnya lucu banget! humble, friendly, lawak, dan inspiratif pastinya. terus juga pas itu temanya lagi tentang kesehatan, jadi kita ngumpul di GBK. kirain buat olahraga joging ya, taunya kita main tak benteng lari larian kesana kemari sama orang yang usianya 5-10 taun diatas gue. see, your age doesn't define your maturity. 

terus hari sabtu kemarin ini temanya tentang passion. kata passion ini sendiri mungkin udah sering denger dimana2 ya dibuku, tv, internet. passion menurut gue kaya kunci, but i still have no idea how to use it properly. kaya gue udah nemu nih, terus begimana? acara Ngopi Yuk sekarang lebih ke sharing sesama anggota, mulai dari kenapa peranan anak muda dalam suatu negara itu penting, sumpah pemuda di era sekarang bentuknya dalam apa, membedakan want and need itu apa, wanting itu apa. pas sesi want and need, gue baru nyadar sama omongan salah satu peserta namanya mas Mujtahidin kalo nggak salah. want itu dari ego diri sendiri dan biasanya dia sangat menggebu-gebu, sedangkan kalo need yang dirasain justru biasa aja. pas denger itu gue kaya...... hmmmmm bener juga sih. padahal need, kebutuhan, yang harusnya jadi aspek penting kan ya, dia suatu bagian yang makannya dia jadi kebutuhan. terus pas sesi sharing tentang passion, mas Galang yang pas itu jadi mc nunjuk gue kan sharing tentang pengalaman passion. yaudah gue cerita tentang pengalaman yg failed kmrn. terus selanjutnya ada satu orang lagi yang sharing, namanya mas Ridwan. 

dari kecil dia suka banget sama seni mulai dari wayang, nyanyi, sampe puisi. dia sadar ini passion dia makannya di jalanin terus sampe dia gede. terus pas mau masuk ke sekolah musik ibunya nyaranin untuk masuk ke mungkin sejenis pesantren kali ya. dimana saat dia masuk disitu, dia sulit banget untuk ngejalanin hal yang dia suka. di sesi sharing itu dia juga cerita kalo dari kecil dia di waqafkan dari ibunya untuk islam. dan ibunya mimpi kalo dia akan jadi Mubaliq. trust me, I have no idea either apa maksudnya pas pertama kali denger. semakin kesini, jadilah perang batin antara diri dia sendiri sama pingin ngeliat senyum ibunya. untuk masalah ini, gue sepakat sih ngeliat orangtua senyum, bangga, udah hal sensitif banget. senggol-nangis lah istilahnya. sampe diakhir pendidikannya dia ternyata baru bisa deketin lagi sama hal yang dia suka, seni. jadi sambil ngelakuin pendidikannya dia juga bisa qasidahan sama temen-temennya. yang dimana dia justru ngedapetin dua2nya bukan?

dan gue juga baru nyadar kalo passion ya kayak jodoh. mau lo pergi sejauh apapun, mau ngehindar kaya gimana, ya namanya jodoh ya nggak akan kemana. dia akan ada caranya sendiri untuk nemuin lo, disaat yang paling tepat. mungkin nggak sekarang, mungkin nanti. karena ada tahapan yang harus dilaluin untuk bikin pribadi lo sendiri jadi jauh lebih baik. ya kan ya?

terus pas acaranya Ngopi Yuk udah selesai, kita baru ngobrol2 sama peserta lain kaya biasanya. ternyata mas Ridwan, mas Mujtahidin sama dua orang lainnya dari jemaat Ahmadiyah. dan kemudian Alid, mas Galang, sama Pandu langsung asik nanya2 sama mereka. gue yang diruangan itu jadi pendengar, ngerasa seneng bisa dikasih kesempatan buat denger langsung penjelasan dari mereka, dan beda banget sama pemberitaan yang ada di media. sebelumnya gue pernah jadi panitia untuk acara Forum Pemuda Indonesia (bisa dibayangin kan kalo disingkat jadi apa? iya, itu sengaja. untuk nggak ngebiarin kata itu jadi hak milik organisasi sesuatu dan kita akan ubah imagenya), dimana isinya dari berbagai macam kelompok. ada dari pemuda anti korupsi, Soka Gakai (budha), dan ada dari Ahmadiyah juga namanya mas Rizky. orangnya baaaaiiiiik banget, karena gue dan temen2 ngeliat dia as individual, as a person, as a human. gak ada yang berubah setelah gue tau atau enggak dia dari kelompok apa. karena ya gue ngeliatnya sebagai mas Rizky.

balik lagi ke acara Ngopi Yuk, alid juga nanya sama mereka gimana rasanya hidup sebagai kelompok Ahmadiyah. mereka bilang, awalnya bingung kenapa orang benci sama mereka. dari kecil udah dikucilin sama temen2, dijauhin, itu udah biasa, yang dimana mereka sendiri juga gak ngerti salah mereka apa. bahkan baru tau pengertian Ahmadiyah sekitar umur 13-14 taun. dan makin kesini pun, yang mereka hadepin juga semakin berat penolakan dari lingkungan sekitar, apalagi diumur remaja. mereka juga bilang, kadang kalo ketauan mereka dari kelompok mana, ada yang proses pembelajarannya menurun drastis karena tekanan sekitar, ada yang bermasalah sama akademis. dan salah satu dari masnya ada yang nanya sama kita, "menurut kalian, pandangan masyarakat terhadap kita itu kaya gimana sih?" ini kali keduanya gue dapet pertanyaan itu, setelah yang pertama kali ngadain acara di penjara untuk anak2 dibawah umur taun 2009. ya, mereka peduli sama tanggapan orang lain sama mereka. dan gue bisa ngerasain ke khawatiran itu. Pandu yang jawab pertanyaan itu dr masnya. dia jujur, awalnya takut karena denger dari pemberitaan dimana-mana. tapi makin kesini, sepakat bahwa hubungan manusia sama Tuhannya ya urusan masing-masing, privasi. mbak Nay dulu juga pernah ditanyain sama orang, apa gak mau tuntunin mereka kearah yang benar mbak? sekarang pertanyaannya, benar menurut siapa? karena menurut mereka itu bener. mas Ridwan juga bilang, dia pingin banget bisa ngobrol2 kaya gini sama masyarakat lain, supaya tau sama ahlinya langsung. kalo mau belajar nyetir ya sama les menyetir, jangan sama tukang soto. mau tanya tentang Ahmadiyah langsung ya tanya sama jemaat Ahmadiyah, jangan nanya sama yang belum tau apa2, yang belum punya pengalaman. 

ini baru satu kelompok dari sekian banyak perbedaan yang ada di Indonesia. baru satu. orang pacaran berdua aja kadang pikirannya suka beda, ini lagi satu kelompok. emang nggak gampang, dan butuh effort toleransi, mendengarkan, melindungi, merangkul yang sangat kuat. kalo kata Gus Dur, jangan beda-bedain yang sama, dan jangan suka sama-samain yang beda. I definitely learn something hari Sabtu itu. belajar gimana caranya toleransi, belajar gimana caranya memanusiakan manusia. easy to say kadang, cuma, mau gak ngerobohin dinding beton luar biasa tebal itu? hufte. tapi gue sangat sangat percaya Indonesia dalam prosesnya untuk menjadi jauh lebih baik. kedengerannya naif ya? itu karena saya orang yang optimis! hehehehehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar