Rabu, 12 Juni 2013

First Step To Korea: The Visa.

Emang sih,dari dulu dan turun temurun banyak yang bilang sistem birokrasi kita hobi banget dibikin ribet. Kalo nggak, ada pungutan lah, prosesnya lama lah. Tapi dengan bantuan internet sama informasi yang bener, we're heading to something better kok. Asal emang harus cermat aja sama teliti.

Gitu juga sama mekanisme bikin visa untuk tujuan Korea Selatan. Susah? Enggak sama sekali! Asal semua berkas disiapin seusai yang dibutuhin aja, hasilnya pasti lebih cepet. Abis booking tiket pesawat, penginapan, Then, you're so ready to the next step: bikin visa. Perlengkapannya:

  1. Passpor yang berlaku maksimal 6 bulan dari tanggal kadaluarsa. Kalo ini pertama kalinya mau bikin passpor atau perpanjangan, bisa loh bikin lewat imigrasi online di situs ini. Jadi gak usah repot ngantri ngisi ebrkas bolak-balik gitu. Baru tau kan? Samaaaaa~
  2. Pas foto 4x6 background putih satu lembar. (Ada yang bilang dua lembar. Tapi pas gue kasih, mbaknya cuman minta satu aja. Kurang eye-catching kali ya.................)
  3. Rekening tabungan 3 bulan terakhir. Gak ada minimal saldo di sini.
  4. FC passpor
  5. FC Kartu Keluarga
  6. FC tiket pesawat PP
  7. FC hotel/tempat menginap
  8. Surat pengantar dari kantor yang menyatakan sebagai pegawai (minta ke bagian HRD aja) atau yang belum bekerja, bisa bikin surat sponsor orang tua.
  9. Aplikasi form yang bisa di unduh di sini.
  10. Uang untuk visa Rp 294.000
Gampang kan? Nah, untuk lokasinya itu ada di The Plaza (persis di atas Plaza Indonesia) lantai 30. Untuk pembuatannya butuh waktu 4 hari kerja.

Baiklah. Di post berikutnya, saya akan menceritakan pas di Seoulnya! Anyongaseoooo!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar