Rabu, 29 Mei 2013

Dia Berbicara

Selesai liputan di Pasific Place yang jamnya pas banget sama pulang kantor. Jadilah langsung ke halte busway dan nunggu yang ke arah Kalideres. Tapi tindakan spontan gue berkata lain: langsung masuk ke transjak yang ke arah harmoni dan berdoa siapa tau sepi di sana. Faktanya: begitu sampai Harmoni panjang antriannya hampir sama kaya ke arah Blok m. Masih liat waktu jam 6, akhirnya inisiatif untuk balik ke halte monas aja buat nunggu yg lsg ke rencana awal. Salah langkah, jendral.

Begitu smp di Monas, ternyata ada lima orang lain yang nunggu bus yang sama. Daripada mati gaya kan, main games lah sambil liat twitter, path, sama instagram. Tipikal orang Jakarta luangin waktu. 15 menit... 30 menit... Adzan isya... Jam 7.15... 7.30 nungguin bus sambil berdiri yang belum juga dateng. Ibu udah bbm ngingetin makannya di rumah aja, soalnya udah disiapin. Oke, tambah laper... Dingin... Sebel... Hawa pegel mau dapet... Fix. Di jam 07.45 ada nih satu yang dateng dengan tipe sama kriteria Kalideres banget, tapi dia berentinya di tempat yang beda dan gak sempet buat lari eh dia udah cabut. Bilang ke petugasnya pun, katanya itu bus jurusan beda. Oke, ini keselnya udah gak bener. Mungkin memang sensi aja.

Gak tau karena taurus, atau emang bawaan aja, gue gigih untuk harus naik transjak arah Kalideres dr halte ini. Abis kalo naik ke Harmoni, dari tadi nungguin sia-sia dong. Tadi yang nungguin bareng pun udah pada gugur semua, gantian sama orang-orang baru. Dateng satu orang inu-ibu sama anaknya, mungkin umur 5 tahun, nunggu bareng gue sambil telponan. Dari nada suaranya sih ada masalah gitu tentang kerjaannya dan dia terdengar kesal. Sambil telpon, anaknya jalan-jalan yang bikin ibunya hampir panik. 

Jam 08.17 transjakarta yang gue mau akhirnya dateng. Dengan sisa-sisa kekuatan yang gue punya, masuklah dan emang busnya lagi full. Begitu pun sama ibu-ibu bareng anaknya tadi. Gak lama setelah jalan, ternyata anak tadi teriak, "Mama kok duduk sih! Jangan duduk!" Dikalikan sekitar 30 kali. Akhirnya si ibu ngalah dan berdiri bareng anaknya. Ternyata gak cukup di situ, anaknya teriak lagi dan bilang "Maa, balonnya manaaaa...". Pernah liat iklan richeese yang lagi macet-macet anaknya ngerengek ke ibunya, dengan kekuatan stabil, dan shuffle dengan sendirinya? Anak si ibu pun melakukan hal yang sama. Tapi dengan suara lebih keras, tangisan, dan narik-narik tas ibunya. 

Kesel? Awalnya.... Mungkin iya. Sedikit. Tapi lama-lama... Gue mikirin hal yang lain. Dengan rekor nungguin transjak terlama yang gue alamin, kelaperan, dan kaki pegel, gue salut sama diri sendiri untuk gak nangis, jutek ke orang, atau nyablak. Mungkin ibu ini juga lagi ngalamin bad mood kaya gue,  seperti yang gue denger di telpon tadi. Tapi ibu ini sabar banget untuk tetep nenangin anaknya, ajak ngomong, dan tenang. Ngeliat ini, gue bukan ngerasa kasian tapi justru kagum. Di beberapa case, rasa kasian itu kadang keliatan seperti lo merasa lebih dan dia terlihat kurang. Kaya, kasian ya bapak itu cuma makan nasi bungkus. Siapa yang tau kalau nasi bungkus itu rezeki terenak yang dia dapetin hari itu? Gak ada yang tau kan : ) 

Balik lagi, gue ngeliat ibu ini kaya lagi dirangkul terus dikasih liat: kamu mau belajar ngendaliin emosi sama komitmen kan? Inih : ) Di mana pas di transjak itu gue punya pilihan untuk ngedumel karena kebrisikan anak ini kaya penumpang lainnya, atau justru diam dan nikmati perannya menjadi ibu lalu pelajari kesabarannya. Menyampingkan emosi pribadi untuk fokus ke anak ini yg have no idea ibunya juga lagi ada masalah, and stick with it. Sadar kalau sekalinya wanita mendeklarasikan atau berkomitmen sebagai istri dan ibu, maka jadilah mereka. Seperti ibu itu ke anaknya. Seperti ibu ke papa. Juga seperti almarhum mama ke papa. Kerennya lagi, begitu si ibu dan anaknya turun untuk nyari balon, ada bapak-bapak yang nyediain tempat duduknya buat gue. Lagi, kaya disuruh "Yuk duduk dulu, capek kan? Sambil pikirin lagi pertanyaan yang terus kamu ulang seharian ini."

Bersyukur, masih diingetin dan disayaaaang sama Tuhan ; )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar